Search

9/01/2009

Cara Membuat Favicon Blog Blogger

Sebelumnya, apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan favicon? Secara singkat dapat favicon dapat diartikan sebagai favorites icon dan juga dikenal sebagai logo halaman website/blog. Icon ini berhubungan dengan web atau halaman situs yang bisa dilihat pada browser address bar lalu URL website.


Misalnya favicon facebook seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Dan sekarang saya akan menjelaskan kepada Anda Langkah sederhana membuat favicon dari awal.




Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah sebuat gambar segi empat yang berukuran 100x100 pixel. Kemudian anda kunjungi langsung alamat situs Favicon Generator. Browse file yang telah di buat dari komputer pribadi dan selanjutnya klik tombol ‘Generate Favicon!’.


Setelah itu, ikuti empat langkah mudah untuk membuat favicon dari Favicon Generator sampai selesai dengan benar. Download ikon yang telah anda buat dengan format 'favicon.ico'(Complete! => Click Here to Download Your Favicon!), Lalu icon tersebut anda upload ke root directory anda. Langkah terakhir adalah menambahkan code merah di bawah ini dibawah pada halaman Web (Blogger: Login ke halaman bloggger anda Layout > Edit HTML). Pastikan Anda menyalin semuanya dengan benar.

<head>

<title>Tutorial | Oecil-cell</title>

<link href='alamat-favicon.ico' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'/>

'alamat-favicon.ico' anda ganti dengan alamat URL favicon. Demikian Cara Membuat Favicon Blog Sendiri! Jangan segan-segan bertanya kepada saya lewat kotak komentar atau Contact Us jika anda mengalami kesulitan.

1 comment: